Jumat, 14 Desember 2012

Kazak dan Penyerbuan: Novel Leo Tlostoy




Kazak dan Penyerbuan
Leo Tlostoy

Penerjemah   : Wawan Eko Yulianto
Editor             : Damhuri Muhammad dan Sandria Komalasari
Penerbit         : Jalasutra
Cetakan I        : 2010— xii+376 halaman
Harga              : 35. 000



Leo Tlostoy  (1828-1910) dikenal sebagai sastrawan Rusia terbesar yang berpengaruh luas dalam peta sastra dunia. Ia juga seorang pemikir sosial dan moral terkemuka pada masanya. Karya-karyanya yang bercorak realis dan bernuansa religius sarat dengan perenungan moral dan filsafat. Gagasan-gagasannya yang kontroversial dan tidak lazim di masa itu seringkali membuatnya dicap sebagai anarkis oleh kaum puritan.
***
Novel Kazak ini berkisah tentang Olenin, seorang bangsawan Rusia yang merasa sangat terhormat dapat bergabung dalam sebuah operasi militer di Kaukasus, wilayah abu-abu yang kerap menjadi latar geografi dan domografi prosa-prosa Tlostoy—sejarah mencatat, pada 1851, Tlostoy pernah menjadi anggota Resimen artileri di wilayah ini.

Sejawat sesama bangsawan menertawakan patriotis konyol Olenin itu. Bagi mereka, golongan kelas atas seperti Olenin tak semestinya bebur dengan orang-orang Kazak (paramiliter) yang kasar, bengis, dan hanya mengandalkan otot. Tapi bagi Olenin, martabat bangsawan telah memantik keterpelantingan eksistensial, dan ia menjadi laki-laki yang tidak punya obsesi lantaran terbuai kemewahan.

Di Kazak, Olenin menemukan kembali gairah hidup. Ia bergaul dengan Eroshka, mantan tentara perbatasan yang di hari tuanya masih punya semangat hidup menyala. Begitu pula Lukasha, lelaki Kazak, penjaga perbatasan yang bersetiap pada Rusia. Olenin lupa pada masa lalulnya yang hingar-bingar sejak ia menemukan Maryanka, gadis Kazak, pekerja keras yang pantang mengeluh.

Namun, menaklukkan gadis Kazak ternyata tak segampang membalik telapak tangan. Diam-diam orang-orang Maryanka menjodohkan anak gadisnya tu dengan Lukasha, teamn karib Olenin selama di Kazak. Sejatinya, usaha Olenin nyaris berhasil, dan Maryanka sudah takluk di tangannya. Tapi tak lama berselang, sebuah kontak tembak dengan erilyawan Chechnya terjadi. Lukasha tewas.

Maryanka justru mencurigai Olenin merekayasa pembunuhan mantan kekasihnya itu, hingga sikapnya pada Olenin berubah. Maryanka tidak mau lagi bertemu Olenin, bahkan tak segan mengusir lelaki itu meski di Rusia, ia begitu mudah menaklukkan perempuan karena kebangsawanannya, namun di Kazak Olenin justru ditinggalkan.

Di titik manakah Olenin mesti berpijak. Apakah ia bakal pulang ke Rusia, atau justru bertahan dengan cinta yang bertepuk sebelah tangan, di wilah perbatasan?

Nah, miliki dan baca segera novel dari karya sastrawan besar Rusia ini.

Pemesanan: 081804166658

Rekening: 0178678642. BNI. CAB UGM. YOGYAKARTA. AN. MAHWIYANTO

http//jualanbukusenibudaya.blog.spot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar