Selasa, 11 Desember 2012

Tubuh, Sastra, dan Budaya Pop




Kajian Budaya feminis
Tubuh, Sastra, dan Budaya Pop

Penulis                 : Aquarini Priyatna Prabasmoro
Penerbit              : Jalasutra
Cetakan II            : 2007
Harga                  : 40. 000
Quer dan Performativitas Gender dalam Pinkland dan Nude on the Moon


Persoalan Subjek dan tubuh merupakan hal yang signifikan dalam konteks ideologi gender yang mengatribusikan fakta biologis tubuh (laki-laki atau perempuan) sebagai atribusi sosial kultural. Dalam hal ini, seorang bertubuh perempuan harus menunjukkan identitas feminim termasuk melakukan tugas-tugas atau pekerjaan-pekerjaan yang dianggap/berada di ranah feminin. Demikian pula mereka yang bertubuh laki-laki harus menunjukkan identitas maskulin dan melakukan pekerjaan-pekerjaan yang dianggap maskulin dan/atau berada di ranah muskulin/publik. Sejalan dengan perkembangan pemikiran feminis, resistensi terhadap ideologi gender terlihat dari berkembangnya teori queer. Dalam pemikiran teori queer, identitas gender bahkan identitas seks bukan merupakan suatu hal ajeg. Lebih dari itu, identitas seks dan identitas gender dipertanyakan.

Identitas dalam hal ini, bukan merupakan subjektivitas, melainkan bagian dari subjektivitas. Seperti dikatakan Braidotti, “identity bears a privileged bond to unconscious processes, whereas political subjectivity is a conscious and willful position” (418). Dengan demikian, identitas menurut Braidotti adalah suatu keterikatan yang menguntungkan dari proses tidak sadar sementara subjektifitas politis adalah suatu posisi yang sadar dan penuh kesadaran. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa subjektifitas merupakan konstruksi yang disadari oleh seorang subjek...

(Dikutip dari esai  Aquarini Priyatna Prabasmoro: Quer dan Performativitas Gender dalam Pinkland dan Nude on the Moon)


***
Inilah buku kedua Aquarini setelah Becoming Whit. Berisi dua puluh esai yang mendiskusikan persoalan-persoalan berkaitan dengan perempuan. Tema utama kumpulan esai ini adalah Wacana Feminis, Tubuh Fantastis Perempuan, Membaca Sastra, dan Budaya Pop.


Rekening: 0178678642. BNI. CAB UGM. YOGYAKARTA. AN. MAHWIYANTO

http//jualanbukusenibudaya.blog.spot.com


1 komentar:

  1. mas buku ini masih ada ga?
    saya perlu buku ini
    tolong kontak ke tbnvy07@gmail.com ya kalo ada

    BalasHapus